MELAYANI PEMBELIAN CASH / KREDIT, TERIMA TUKAR TAMBAH, BUTUH INFORMASI LEBIH LANJUT BISA MENGHUBUNGI : TRI PAMBUDI 081280404861 / 085780730850 / 087889041217/ Pin BB : 25F6244F

Ganti Gril Suzuki Ertiga Single Blower, Biar Terlihat Makin Lux

 Jakarta - Kemunculan varian baru Suzuki Ertiga double blower (DB), sempat mengundang kontroversi. Terutama di kalangan konsumen yang sudah keburu beli Ertiga single blower (SB) atau generasi pertama.

Tapi, pada umumnya sih merasa happy-happy saja karena menganggap kemampuan sistem pendinginan Ertiga SB masih bisa mengakomodir suhu kabin dengan baik, meski dikendarai di bawah terik matahari.

Nah, selain itu, ubahan di luar AC (pada Ertiga DB) membuat mereka agak jealous. Salah satunya gril depan yang tampil lebih elegan, lantaran kisi-kisinya dirancang berbeda dari Ertiga SC, yakni hanya mengaplikasi 3 bilah, yang kemudian dilapis full krom. Membuat penampilan secara keseluruhan lebih lux.

Tidak perlu gusar atau cemburu terlalu panjang. Tak berapa lama Ertiga DB nongol di pasaran, beberapa pemilik Ertiga SB yang tergabung dalam Suzuki Ertiga Club Indonesia (ERCI) ketemu penjual gril Ertiga DB.

“Tapi bukan dapat di dealer, melainkan secara online lewat internet. Bisa juga sih pesan lewat dealer, hanya saja mesti sabar nunggu barangnya ada, hehehe..,” beber Dimas Sasongko, pemilik Ertiga GX single blower keluaran September 2012 yang berdomosili di Yogyakarta.

Masih kata Dimas, di kalangan member ERCI chapter Kota Gudeg, ada sekitar 8 anggota yang sudah mengaplikasi gril Ertiga DB ke Ertiga SB.

“Pemasangnya plug and play. Tanpa perlu mengubah apa-apa karena dudukannya sama persis,” bilang member ERCI chapter Jogja bernomor 091 ini, sekaligus kasih tahu bahwa ia dapatkan gril tersebut seharga Rp 310 ribu termasuk ongkos kirim.

Cara pasangnya ada 2 metode, pertama dengan melepas bumper depan setengah bukaan, atau hanya grilnya. “Kalau saya sih pakai metode pertama. Hanya butuh 10 menit kok. Cukup lepas 4 buat baut bumper sebelah atas pakai kunci 10 mm atau obeng plus (gbr.1), lalu lepas 2 baut di bawah dekat kolong sepatbor depan pakai obeng plus. Baru deh copotin gril,” terang Dimas.

Sementara pakai metode kedua, agak susah menjangkau baut pengancing grill bagian tengah, yang letaknya di sebelah dalam. Tapi bagi yang suka utak-atik sendiri, mungkin tidak akan mengalami kesulitan.

Untuk melepas grilnya, mula-mula lepas 4 buah sekrup (3 di atas dan 1 di tengah) pengancing gril yang posisinya di sebelah dalam pakai obeng plus (gbr.2). Jika sudah, ungkit dan tarik perlahan sisi gril atas pakai tangan. Tapi bagian bawahnya jangan ditarik dulu, karena ada pengaitnya sebanyak 5 titik (gbr.3).

Buat mengedurkan pengaitnya, mesti didorong pelan-pelan pakai obeng min kecil. Tapi hati-hati jangan sampai patah. Selamat tampil lebih lux ya!

No comments:

Post a Comment