Jakarta - Sejak diluncurkan bulan April lalu, MPV Suzuki Ertiga
sudah terjual sebanyak 26.196 unit. Mobil ini sukses mengantarkan Suzuki ke
urutan kedua di pasar mobil Indonesia. Apa rahasia Ertiga?
4W Sales Director PT Suzuki
Indomobil Sales Davy J. Tuilan menuturkan setidaknya ada 2 kunci sukses Ertiga.
Pertama, harga Ertiga dibuat sama di
seluruh Indonesia. Jadi tidak hanya Jabodetabek tetapi juga seluruh Indonesia.
"Biasanya merek-merek di
Indonesia, mereka memperkenalkan merek yang kompetiti di Jabodetabek. Tapi
begitu di luar Jabodetabek, diler melakukan upping price. Sehingga makin jauh
dari jakarta harganya makin tidak kompetitif. Kami meminta diler kami untuk
mengikuti sugestion harga," ujarnya beberapa waktu lalu.
Yang kedua Ertiga bisa sukses karena
adanya dukungan dari perusahaan pembiayaan atau leasing.
"Kita tahu jualan mobil di
Indonesia tidak akan sukses kalau tidak ada dukungan baik dari financing.
Sebelum Ertiga lahir kami sudah komunikasi erat dengan leasing. Bahkan kalau
boleh saya share, sebelum (Ertiga) launching kami sudah launching kecil-kecilan
ke lesasing. jadi sebelum customer lihat, mereka sudah lihat. Kami juga juga
menaruh produk kompetitornya. Elu bandingin sendiri deh ama kompetitior, mereka
bilang wah pak kami optimsitis. Kalau leasing sudah optimistis jualannya akan
gampang. Ini salah satu kuncinya kenapa Ertiga cukup sukses," ujarnya.
Suzuki pun aktif memberi informasi
jangka pendek, menengah dan panjang, tentang rencana Ertiga di Indonesia.
Sehingga semua jajaran diler, mulai dari pemilik sampai salesman, punya
motivasi menjual Ertiga.
"Saya inget banget kata-kata Pak Endro
(Endro Nugroho, 4W Marketing and Dealer Development Newtowk Director SIS-red).
Ingat rekan-rekan kita ini menyerang jantung hatinya kompetitor, jadi kita
harus betul-betul yakin. Kita harus punya semangat 2 kali lipat daripada
kompetitor. Cara-cara itu itu yang membakar semangat diler kami sehingga mereka
semangat 45 menjual Ertiga dan hasilnya juga luar biasa," ujarnya.
No comments:
Post a Comment