MELAYANI PEMBELIAN CASH / KREDIT, TERIMA TUKAR TAMBAH, BUTUH INFORMASI LEBIH LANJUT BISA MENGHUBUNGI : TRI PAMBUDI 081280404861 / 085780730850 / 087889041217/ Pin BB : 25F6244F

2 Kunci Sukses MPV Suzuki Ertiga

Jakarta - Sejak diluncurkan bulan April lalu, MPV Suzuki Ertiga sudah terjual sebanyak 26.196 unit. Mobil ini sukses mengantarkan Suzuki ke urutan kedua di pasar mobil Indonesia. Apa rahasia Ertiga?

4W Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales Davy J. Tuilan menuturkan setidaknya ada 2 kunci sukses Ertiga.

 Pertama, harga Ertiga dibuat sama di seluruh Indonesia. Jadi tidak hanya Jabodetabek tetapi juga seluruh Indonesia.

"Biasanya merek-merek di Indonesia, mereka memperkenalkan merek yang kompetiti di Jabodetabek. Tapi begitu di luar Jabodetabek, diler melakukan upping price. Sehingga makin jauh dari jakarta harganya makin tidak kompetitif. Kami meminta diler kami untuk mengikuti sugestion harga," ujarnya beberapa waktu lalu.

Yang kedua Ertiga bisa sukses karena adanya dukungan dari perusahaan pembiayaan atau leasing.

"Kita tahu jualan mobil di Indonesia tidak akan sukses kalau tidak ada dukungan baik dari financing. Sebelum Ertiga lahir kami sudah komunikasi erat dengan leasing. Bahkan kalau boleh saya share, sebelum (Ertiga) launching kami sudah launching kecil-kecilan ke lesasing. jadi sebelum customer lihat, mereka sudah lihat. Kami juga juga menaruh produk kompetitornya. Elu bandingin sendiri deh ama kompetitior, mereka bilang wah pak kami optimsitis. Kalau leasing sudah optimistis jualannya akan gampang. Ini salah satu kuncinya kenapa Ertiga cukup sukses," ujarnya.

Suzuki pun aktif memberi informasi jangka pendek, menengah dan panjang, tentang rencana Ertiga di Indonesia. Sehingga semua jajaran diler, mulai dari pemilik sampai salesman, punya motivasi menjual Ertiga.

"Saya inget banget kata-kata Pak Endro (Endro Nugroho, 4W Marketing and Dealer Development Newtowk Director SIS-red). Ingat rekan-rekan kita ini menyerang jantung hatinya kompetitor, jadi kita harus betul-betul yakin. Kita harus punya semangat 2 kali lipat daripada kompetitor. Cara-cara itu itu yang membakar semangat diler kami sehingga mereka semangat 45 menjual Ertiga dan hasilnya juga luar biasa," ujarnya.

No comments:

Post a Comment